Desa Pariangan

Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar

PROFIL DESA

Pariangan merupakan desa di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. 0.433098°S 100.50499°E.

Desa ini terletak di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut. Menurut Tambo Minangkabau Pariangan merupakan nagari tertua di ranah Minang. Desa ini masih menjaga rumah adat tradisional yang disebut rumah gadang (Bahasa Minang, rumah besar), sehingga sampai sekarang masih dijumpai banyak yang terawat dengan baik. Pada desa ini juga masih dijumpai surau, yang masih menjadi tempat tinggal komunal untuk pria yang belum menikah.

Dan pada bagian tengah dari desa ini masih berdiri sebuah masjid tradisional yang cukup besar yang diperkirakan sudah ada di awal abad kesembilan belas, dimana pada masjid tersebut terdapat tempat mandi umum berair panas yang masih digunakan sampai sekarang. Di daerah ini juga terdapat situs cagar budaya baru Tungku Tigo Sajarangan.

Pada Mei 2012, Nagari (desa) Pariangan terpilih sebagai salah satu dari lima desa terindah di dunia versi Budget Travel, sebuah majalah pariwisata internasional.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pariangan,_Pariangan,_Tanah_Datar

POTENSI FISIK (TIPOGRAFI)

Tipografi Wilayah


Tahun Survey / Pencatatan : 2015

NoTipografi Wilayah Keberadaan Luas
1Pertanian / PersawahanTIDAK ADA0
2PerkebunanTIDAK ADA0
3PertambanganTIDAK ADA0
4KehutananTIDAK ADA0
5Pesisir / PantaiTIDAK ADA0
6PeternakanTIDAK ADA0
7PerindustrianTIDAK ADA0
8PerikananTIDAK ADA0
9Kawasan WisataADA0

POTENSI FISIK (KOMODITAS)

POTENSI INFRASTUKTUR

Fasilitas Kesehatan

Fasiltitas Pendidikan

Fasilitas Ketersediaan Listrik

Telekomunikasi

*) Sumber Data Potensi Infrastuktur: BPS Potensi Desa 2014